..:: abuyazid's book ::..

Portal yang memuat artikel-artikel assunnah juga download ebook dan kajian-kajian islam dari ustadz salafiyin di Indonesia

10 February 2009

POSTER Posisi Imam dan Makmum dalam Shalat Berjama'ah

Posted by Abu Yazid |

Seperti yang kita sudah ketahui bersama bahwa Shalat adalah ibadah wajib yang diperintahkan Alloh 'azza wa jalla, yang diberikan langsung kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam.
Tetapi amat disayangkan bahwa Shalat yang selama ini kita jalani masih banyak kesalahan-kesalahannya. Yang nyata sekali adalah posisi imam dan makmum, serta posisi makmum itu sendiri. Kalau dalam praktek shalat berjama'ah di masjid mungkin dalam masalah posisi imam dan makmum tidak terlalu terlihat dengan jelas, terlebih lagi bila makmumnya banyak. Yang jadi masalah adalah bagaimana posisi imam dan makmum jika makmumnya hanya seorang, atau jika ada satu imam dan satu makmum sedang berjamaah tiba-tiba ada makmum yang masbuq dan ingin ikut berjamaah.
Yang paling terlihat di masyarakat kita adalah posisi makmum saat shalat berjamaah di masjid. Banyak dari mereka yang tidak mengetahui syarat-syarat sempurnanya shalat seperti merapatkan dan meluruskan shaf.
Padahal dalam shahih Bukhari ada sebuah hadits yang menunjukkan bahwa para sahabat selalu merapatkan mata kaki dengan mata kaki sebelahnya serta antara pundak yang satu dengan pundak sebelahnya. Yang lebih penting lagi, rapatnya shaf ini juga merupakan salah satu syarat persatuan umat islam, karena Alloh akan mencerai-beraikan persatuan kita hanya karena tidak rapatnya shaf kita.

Untuk itu ana akan berikan sebuah poster tentang posisi imam dan makmum yang benar, serta dalil-dalilnya. Dan juga tentang dalil untuk merapatkan shaf, baik itu rapatnya kaki dan pundak (bahu). Yang nantinya ana harapkan bagi antum yang di masjid di sekitar antum masih melakukan praktek yang salah, dapat dipasangkan poster ini di dinding pengumuman masjid. Sehingga ini akan menjadi dakwah yang luar biasa bermanfaat nantinya.

Untuk mendownload posternya dalam format pdf, KLIK DISINI

0 comments:

Subscribe